Kiat Ala Ridwan Kamil Antisipasi Penularan Omicron

Kiat Ala Ridwan Kamil Antisipasi Penularan Omicron

BOGOR – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengungkapkan beberapa kiat dalam mengantisipasi penularan varian omicron yang sudah masuk ke Indonesia.

Kiatnya dengan menyiapkan instrumen penanganan kesehatan yang sama seperti yang Jawa Barat lakukan saat menangani varian delta beberapa waktu lalu.

\"Dulu delta terdeteksi di Karawang, menyebar dengan cepat. Oleh karena itu kami belajar dari delta. Saat ini Jawa Barat sedang menyiapkan semua perlengkapan seperti menghadapi virus delta,\" ujarnya usai menghadiri acara Indonesia Pasti Bisa dengan tema \"Terima Kasih Nakes\" di Sentul International Convention Center, Sabtu (18/12/2021).

Dia mengatakan, meski varian omicron sudah terdeteksi dari seorang pekerja di pusat karantina Wisma Atlet, Jakarta. Masyarakat tidak perlu khawatir untuk tetap produktif.  Tapi, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) secara ketat.

\"Kepada masyarakat mari kita tetap produktif apapun sebenarnya boleh, asalkan prokes tetap terjaga. Jadi, saya kira itu saja persiapannnya Insya Allah jauh lebih siap,\" katanya.

Selain tetap menjaga disiplin prokes, vaksinasi juga penting. Makanya, saat ini capaian vaksinasi di Jawa Barat tahap satu sudah menyentuh angka 70 persen.

Sehingga hal tersebut dapat membentuk kekebalan komunal dalam menghadapi varian omicron.

\"Kalau sekarang kan Jawa Barat capaian vaksinnya sudah 70 persen tahap satunya. Jadi, jauh lebih baik,\" pungkasnya. (jun)

Baca juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: